Sejarah Latar Permainan Domino Dari China

Sejarah Latar Permainan Domino Dari China



Konfirmasi tertulis domino tertua di China datang dari Bekas Peristiwa di Wulin (yakni ibukota Hangzhou) yang ditulis oleh Dinasti Yuan (1271–1368) penulis Zhou Mi (1232–1298), yang mendaftarkan pupai (plakat berjudi atau domino) , dan dadu jadi barang yang di jual oleh penjual sepanjang pemerintahan Kaisar Xiaozong dari Song (r. 1162–1189). 1 Andrew Lo menyatakan kalau Zhou Mi bermakna domino saat merujuk pada pupai, karna penulis Ming Lu Rong (1436–1494) dengan eksplisit mendeskripsikan pupai jadi domino (dalam hubungannya dengan cerita seseorang pelamar yang memenangi tangan seseorang gadis dengan menggambar empat pupai pemenang dari satu set).

Buku panduan paling awal yang ditulis mengenai domino yaitu (Manual Periode Xuanhe) yang ditulis oleh Qu You (1341–1437), namun sebagian pakar Cina yakin kalau manual ini yaitu pemalsuan dari saat lalu.

Dalam Encyclopedia of a Myriad of Treasures, Zhang Pu (1602–1641) mendeskripsikan permainan menempatkan domino jadi pupai, walau ciri-khas untuk pu sudah beralih, tetapi menjaga pengucapan yang sama.Permainan domino tradisionil Cina termasuk juga Tien Gow, Pai Gow, Che Deng, serta yang lain. Set domino Cina 32-piece, di buat untuk mewakili tiap-tiap muka yang mungkin saja dari dua dadu lempar serta dengan hal tersebut tidak mempunyai muka kosong, berlainan dari set domino 28-piece yang diketemukan di Barat sepanjang pertengahan era ke-18. Domino Cina dengan muka kosong di kenal sepanjang era ke-17.

Banyak set domino yang berlainan sudah dipakai sepanjang beratus-ratus tahun di beberapa belahan dunia untuk memainkan beragam permainan domino. Tiap-tiap domino awalannya mewakili satu diantara 21 hasil melempar dua dadu enam bagian (2d6). 1/2 dari tiap-tiap domino ditata dengan pips dari satu mati serta 1/2 yang lain diisi pips dari dadu ke-2. Set Cina juga mengenalkan duplikat dari sebagian lemparan serta membagi domino jadi dua setelan : militer serta sipil. Domino Cina juga lebih panjang dari domino Eropa yang ciri khas.

Awal era ke-18 mempunyai domino buat jalan mereka ke Eropa, buat tampilan pertama mereka di Italia. Permainan ini agak beralih dalam terjemahan dari Cina ke budaya Eropa. Set domino Eropa tidak mempunyai ketidaksamaan sesuai sama atau duplikat yang menyertainya. Demikian sebaliknya, set Eropa diisi tujuh domino penambahan, dengan enam salah satunya mewakili nilai-nilai yang dibuat dari melempar satu mati dengan 1/2 yang lain dari ubin kosong, serta domino ke-7 mewakili gabungan kosong (0-0). 

Domino gading dengan teratur dipakai di Inggris pedesaan era ke-19 dalam penyelesaian sengketa batas penggembalaan tradisionil, serta seringkali dikatakan sebagai " bonesticks "

Peraturan Bermain

Type permainan yang paling popular yaitu permainan tata letak, yang terdiri dari dua kelompok paling utama, memblokir game serta buat score. 


  • Umumnya game domino memblokir permainan, tujuannya yaitu untuk mengosongkan tangan seorang sembari memblokir lawan. Selanjutnya, score bisa ditetapkan dengan mengkalkulasi pips di tangan pemain yang kalah.
  • Dalam scoring games, scoring berlainan serta berlangsung beberapa besar sepanjang bermain game, membuatnya jadi tujuan paling utama. 
  • Versus popular yang dimainkan beberapa besar di Singapura, yang direferensikan jadi Ketentuan Hector, sangat mungkin untuk memainkan ubin ganda di tangan lawan serta memberi bonus bermain dari ubin penambahan selekasnya sesudah memainkan ubin ganda.


1.Memblokir Permainan 
Varian domino paling basic yaitu untuk dua pemain serta memerlukan set ganda-enam. Ke-28 ubin dikocok menghadap ke bawah serta membuat stock atau boneyard. Tiap-tiap pemain menggambar tujuh ubin ; bekasnya tidak dipakai. Sesudah beberapa pemain mulai menggambar ubin, mereka umumnya diletakkan di pinggir dimuka beberapa pemain, hingga tiap-tiap pemain bisa lihat ubin mereka sendiri, namun tidak bisa lihat nilai ubin pemain beda. Tiap-tiap pemain bisa lihat berapakah banyak ubin yang tersisa di tangan lawan setiap waktu sepanjang bermain game. 

Satu pemain diawali dengan menenggak (memainkan ubin pertama) satu diantara ubin mereka. Ubin ini mulai garis permainan, dimana nilai pasangan yang bersebelahan dengan ujung ubin mesti pas. Beberapa pemain dengan bertukaran perpanjang garis bermain dengan satu ubin di satu diantara dua ujungnya ; bila pemain tidak bisa meletakkan ubin yang valid, mereka mesti selalu menarik ubin dari stock hingga mereka dapat. Permainan selesai saat satu pemain menang dengan memainkan ubin paling akhir mereka, atau saat game diblokir karna pemain tidak bisa bermain. Bila itu berlangsung, siapa juga yang mengakibatkan blok memperoleh semuanya point pemain yang tersisa tidak mengkalkulasi mereka sendiri. 

2.Cetak Score
Pemain jadi bertambah point sepanjang bermain game untuk konfigurasi spesifik, bergerak, atau mengosongkan tangan seorang. Umumnya permainan score memakai macam permainan undian. Bila seseorang pemain tidak menyebut " domino " sebelumnya ubin ditempatkan diatas meja, serta pemain beda menyebutkan domino sesudah ubin ditempatkan, pemain pertama mesti ambil domino ekstra. 

3.Draw game 
Dalam permainan undian (memblokir atau cetak gol), pemain juga diijinkan untuk menggambar sebanyak-banyaknya ubin yang dikehendaki dari saham sebelumnya memainkan ubin, serta mereka tidak diizinkan untuk lewat sebelumnya stock itu (nyaris) kosong. Score kompetisi yaitu jumlah pips di tangan pemain yang kalah ditambah jumlah pips dalam saham. Umumnya ketentuan mengambil keputusan kalau dua ubin mesti tetaplah berada di stock. Permainan imbang seringkali dimaksud cuma untuk " domino ". 
Penyesuaian dari ke-2 game bisa mengakomodasi lebih dari dua pemain, yang bisa bermain dengan individu atau dalam tim. 

4.Line of play
Muggins bermain dengan ubin warna-warni : Double berperan jadi pemintal, sangat mungkin garis permainan untuk bercabang. 
Garis bermain yaitu konfigurasi ubin dimainkan diatas meja. Ini diawali dengan ubin tunggal serta umumnya tumbuh dalam dua arah berlawanan saat pemain memberikan ubin yang pas. Dalam prakteknya, pemain seringkali memainkan ubin pada pojok kanan saat garis bermain sangat dekat dengan pinggir meja. 

Ketentuan mainnya seringkali berlainan dari satu varian ke varian yang lain. Dalam banyak ketentuan, ganda berperan jadi pemintal, yakni, mereka bisa dimainkan di ke-4 sisinya, mengakibatkan garis permainan jadi cabang. Terkadang, ubin pertama dibutuhkan untuk jadi ganda, yang berperan jadi hanya satu pemintal. Dalam sebagian permainan seperti Chicken Foot, semuanya bagian pemintal mesti diduduki sebelumnya siapa juga diijinkan bermain ditempat beda. Matador mempunyai ketentuan yg tidak umum untuk pencocokan. Bendomino memakai ubin melengkung, hingga satu bagian garis permainan (atau keduanya) bisa diblokir untuk argumen geometri. 

Di Kereta Meksiko serta permainan kereta yang lain, permainan diawali dengan pemintal dari tempat mana beragam kereta pergi. Beberapa besar kereta dipunyai oleh seseorang pemain serta dalam banyak kondisi, pemain diizinkan untuk cuma perpanjang kereta mereka sendiri. 

5.Scoring
Dalam memblokir permainan, score berlangsung diakhir game. Sesudah pemain mengosongkan tangan mereka, dengan hal tersebut memenangi permainan untuk tim, score terbagi dalam jumlah keseluruhan pip tangan tim yang kalah. Dalam sebagian ketentuan, jumlah pip dari sisa stock ditambahkan. Bila permainan diblokir karna tak ada pemain yang dapat bergerak, pemenang seringkali ditetapkan dengan memberikan pips di tangan pemain. 

Dalam scoring games, tiap-tiap individu punya potensi menaikkan score. Jadi contoh, di Bergen, pemain cetak dua point setiap saat mereka mengakibatkan konfigurasi dimana ke-2 ujung terbuka mempunyai nilai yang sama serta tiga point bila penambahan satu ujung terbuka dibuat oleh ganda. Dalam Muggins, score pemain dengan meyakinkan jumlah keseluruhan pip dari ujung terbuka yaitu kelipatan dari bilangan spesifik. Dalam varian Muggins, garis permainan bisa bercabang karna pemintal. 

Di bebrapa tempat tinggal umum Inggris serta club sosial, versus penilaian " 5s-and-3s " dipakai. Permainan ini umumnya dimainkan berpasangan (dua lawan dua) serta dimainkan jadi rangkaian " ujung ". Dalam tiap-tiap " akhir ", tujuannya yaitu supaya pemain menyertakan domino dari tangan mereka ke satu diantara ujung yang telah dimainkan hingga jumlah domino akhir habis dibagi lima atau tiga. Satu point di beri score untuk setiap saat lima atau tiga bisa dibagi jadi jumlah dari dua kartu domino, yakni empat di satu ujung serta lima di bagian beda buat sembilan, yang dibagi tiga tiga 3x, hasilkan tiga point. Ke-5 lima di satu ujung serta lima di ujung yang beda buat 15, yang habis dibagi tiga 3x (lima point) serta dibagi tiga lima 3x (tiga point) dengan keseluruhan delapan point. 

Satu " akhir " berhenti saat satu diantara pemain keluar, yakni, sudah memainkan semuanya domino mereka. Dalam soal tak ada pemain yang bisa mengosongkan tangan mereka, jadi pemain dengan domino paling rendah yang tersisa di tangan dipandang keluar serta cetak satu point. Satu permainan terbagi dalam beberapa ujung dengan point yang diciptakan di ujung yang terakumulasi menuju keseluruhan. Permainan selesai saat satu diantara keseluruhan score pasangan lebih dari beberapa point yang diputuskan. Score keseluruhan jalan seringkali disimpan di papan cribbage. 5s-and-3s dimainkan di beberapa liga kompetitif di Kepulauan Inggris.
Sejarah Latar Permainan Domino Dari China Sejarah Latar Permainan Domino Dari China Reviewed by Unknown on 12:33 AM Rating: 5

No comments